Ketua Kelompok Tani Suku Wala: Kelola Lahan Lanud Silas Papare Mampu Sekolahkan Anak-Anaknya

Berita Daerah Pertanian

Ketua Kelompok Tani dari Suku Wala, Semi Gumbo

SENTANI, lpplrku.jayapurakab.go.id – Hadir untuk masyarakat, Lanud Silas Papare Jayapura memberikan lahannya untuk dikelola kelompok tani dari Suku Wala yang berada di sekitaran Lanud SPR Jayapura.

Ketua Kelompok Tani dari Suku Wala, Semi Gumbo mengatakan Lanud Silas Papare Jayapura sangat banyak membantu kami terlebih bagi kelompok tani dari suku wala.

Lahan yang dipercayakan dikelola tentu memberi perubahan bagi kami dalam peningkatan ekonomi, kata Semi saat di wawancara di lokasi perkebunan Lanud SPR Jayapura, Rabu, 07/8/2024.

“Lahan yang dipercayakan kami kelola bukan hanya tanam jagung tetapi ada juga sayur sayuran, kacang tanah dan umbi-umbian untuk memberikan penghasilan tetap kepada kami,” ujarnya.

Tidak hanya lahan yang dipercayakan untuk dikelola, tetapi dari bibit, pupuk, panen dan penjualan di bantu oleh Lanud SPR Jayapura.

“Jadi mama yang ada lagi panen ini semua ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan. Sekarang mereka sudah punya kesibukan untuk berkebun. Lanud SPR Jayapura juga membantu kami dalam penjualan hasil panen, tetapi ada juga yang langsung kami jual ke pasar,” terangnya.

Semi Gumbo mengungkapkan dari hasil berkebun banyak manfaat yang kami terima, dapat menyekolahkan anak-anak kami agar mendapat pendidikan yang baik.

“Sekitar 3-4 bulan kami kelola lahan yang dipercayakan oleh Lanud Silas Papare,” pungkasnya.

Semi mengucapkan terima kasih kepada pihak Lanud Silas Papare yang sudah percaya memberikan lahannya untuk kami kelola.

“Tanpa dukungan Lanud Silas Papare kami tidak memiliki pekerjaan pasti dan penghasilan pasti,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *