Digelar Dua Hari Jambore Kader PKK WP I Diharapkan Mampu Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga

Agenda Berita Daerah

Plt Ketua TP PKK Kabupaten Jayapura Elphyna D. Situmorang, didampingi pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Jayapura, para ketua-ketua organisasi perempuan saat menabuh Tifa pada kegiatan Jambore Kader PKK tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2024, di Aula Balai Pertanian Provinsi Papua, Yahim Sentani. Kamis, 08/08/2024

SENTANI, lpplrku.jayapurakab.go.id – Jambore Kader PKK tingkat Kabupaten Jayapura untuk Wilayah Pembangunan (WP) I tahun 2024 resmi digelar selama dua hari di Aula Balai Pertanian Provinsi Papua, Yahim Sentani, Kamis, 08/08/2024.

Pembukaan jambore dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Ketua TP PKK Kabupaten Jayapura Elphyna D. Situmorang.

Elphyna D. Situmorang mengatakan PKK memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Indonesia melalui program-programnya. Membantu masyarakat dalam pendidikan keluarga, peningkatan kesehatan keluarga dan pemberdayaan ekonomi keluarga.

“Yang perlu di pahami kegiatan Jambore Kader PKK ini adalah sebuah wadah untuk berkumpul, bersilaturrahmi dan bertukar pengalaman, menambah wawasan pengetahuan dan juga penghargaan yang dapat memotivasi kader PKK untuk meningkatkan kinerja, kemampuan manajerial khususnya dalam menjalankan 10 program pokok PKK,” ujarnya.

Elphyna juga mengharapkan seluruh Kader PKK, panitia dan tim juri yang terlibat pada kegiatan jambore ini dapat menjunjung tinggi nilai sportivitas dalam bertanding.

“Jaga erat tali silaturrahmi antar kita semua, sehingga PKK Kabupaten Jayapura semakin berjaya. Dari kegiatan jambore ini semua kader PKK dengan lima jenis pertandingan yang nantinya akan mereka ikuti dapat mengasah keterampilan mereka sesuai tugas dan fungsi dengan 10 program PKK yang ada di masing-masing wilayah pembangunan. Baik itu, Pokja I, Pokja 2, Pokja 3 dan Pokja 4,” terangnya.

Kegiatan-kegiatan perempuan yang ada di kampungnya masing-masing itu bisa berjalan dengan baik. Dan yang paling utama, bahwa secara nasional adalah penurunan stunting.

“Bagi kader-kader PKK harus ikut bantu dengan cara melakukan proses penimbangan bayi, proses pembuatan tambahan makanan bagi anak-anak yang terkena stunting serta memberikan sosialisasi bagi bumil (ibu hamil) dan pasangan usia subur,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Jambore Kader PKK tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2024 bagi Wilayah Pembangunan (WP) I, Debby Nukuboy mengatakan,  kegiatan ini berlangsung dari tanggal 8-9 Agustus 2024.

Debby Nukuboy menjelaskan, ada lima jenis lomba dan kreasi yang akan diperlombakan oleh Kader PKK Distrik itu diantaranya lomba parade Nusantara, lomba kreasi jingle Gelari Pelangi, lomba kreasi Senam Cuci Tangan dan lomba paduan suara Mars PKK, serta lomba cerdas cermat.

Lomba ini diikuti oleh seluruh Kader PKK Distrik se- Kabupaten Jayapura dalam hal ini dari Distrik dan Kampung yang ada di wilayah pembangunan I, meliputi Distrik Sentani dengan tiga kelurahan dan tujuh kampung, Distrik Sentani Timur dengan tujuh kampung, Distrik Ebungfauw dengan lima kampung dan Distrik Waibhu dengan tujuh kampung.

Adapun tujuan kegiatan ini untuk mempererat rasa silaturrahmi antar kader dan pengurus, meningkatkan kualitas dan kinerja kader PKK, serta menambah wawasan, pengetahuan dan juga persahabatan yang dapat memotivasi para kader PKK guna menunjang terwujudnya keluarga yang harmonis, sehat, sejahtera, maju, mandiri dan beriman.

“Lalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam mengelola Pos PAUD, BKB, UP2K, PKK, Posyandu dan PHBS. Serta, terwujudnya kader yang mampu mengembangkan diri sebagai agen perubahan yang berkepribadian bangsa Indonesia dalam pembangunan keluarga dan masyarakat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *