Memberikan Pelayanan Kesehatan Yang Adil, Bermutu, Komprehensif Dengan Biaya Terjangkau, Pemkab Jayapura Terima Penghargaan UHC

Agenda Berita Daerah Kesehatan

Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si sedang memegang tropi penghargaan Universal Health Converage (UHC)

JAKARTA, lpplrku.jayapurakab.go.id – Dinilai memberikan pelayanan kesehatan yang adil, bermutu, komperhensif dengan biaya terjangkau, berdampak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mendapat penghargaan Universal Health Converage (UHC) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia yang di serahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin, di Krakatau Grand Ballroom, TMII. Jakarta Timur, Kamis (08/08/2024).

Dalam arahannya, Wakil Presiden Republik Indonesia menjelaskan UHC merupakan  konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan yang adil, komperhensif, bermutu tanpa adanya hambatan finansial.

 Dikatakannya, Indonesia UHC tersebut diwujudkan dengan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Sesuai data BPJS menyebutkan bahwa per 1 Agustus jumlah peserta JKN-KIS telah mencapai  275 juta jiwa atau lebih dari 89 %.

Orang nomor dua di republik ini menuturkan, pencapaian ini tidak terlepas dari peran, sinergitas dan kolaborasi yang solid antar BPJS Kesehatan, Kementerian, lembaga dan seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) baik provinsi tetapi juga kabupaten/kota.

Wapres menegaskan, pemerintah daerah harus terus memastikan seluruh pencari kerja dan keluarganya sebagai peserta JKN-KIS termasuk pekerja informal masuk menjadi peserta.

Ditambahkannya, 33 Provinsi dan 452 Kabupaten/Kota penerima penghargaan UHC tahun 2024 ini telah menunjukan dedikasi dan komitmen tunggi dalam mewujudkan kualitas kesehatan dengan cakupan kepesertaan program JKN-KIS minimal mencapai jumlah 95 %  dari total penduduk.

“Saya berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk menetapkan kepesertaan dan memastikan kepesertaan jaminan kesehatan penduduk secara menyeluruh di wilayahnya, sekaligus menjadi contoh bagi provinsi dan kabupaten/kota yang lain,” harapnya

Di tempat yang sama, Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP, M.Si mengatakan, dengan adanya penghargaan UHC membuktikan bahwa ada kolaborasi yang baik antara Pemerintah Kabupaten Jayapura dan BPJS Kabupaten Jayapura dalam memastikan perlindungan dan pelayanan kesehatan terhadap seluruh warga masyarakat.

Pj Bupati menjelaskan, cakupan di Kabupaten Jayapura dalam memberikan kepastian  pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif dan bermutu tanpa terkendala biaya di masyarakat sudah mencapai 98 %.

Oleh sebab itu, dirinya meminta untuk semua pihak, baik pemerintah daerah tapi juga BPJS untuk terus meningkatkan kolaborasi dan sinergitas dalam rangkah mencapai cakupan 100 dalam pelayanan bagi masyarakat.

“Saya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para pihak yang boleh bekerja secara maksimal sehingga ada keberhasilan yang di capai dalam pelayanan Kesehatan yang adil, komperhensif, bermutu dengan tidak terkendala pada aspek finansial,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *