Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., didampingi perwakilan pengurus KONI Papua Freddy Sokoy dan dua pengurus KONI Kabupaten Jayapura, saat memabuh Tiga sebagai tanda dibukanya kegiatan Pembekalan dan Bimtek bagi pengurus KONI Kabupaten Jayapura, Selasa (21/12/2021)

SENTANI, lpplrku.jayapurakab.go.id – Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pembekalan bagi pengurus KONI Kabupaten Jayapura itu dalam rangka mempersiapkan dan mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) II 2022, yang direncanakan pada bulan Maret atau April mendatang, Selasa (21/12/2021) pagi secara resmi dibuka Ketua Umum KONI Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., didampingi pengurus KONI Papua dan dua orang pengurus KONI Kabupaten Jayapura, di Ballroom 5 Lantai II Hotel HoreX, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Jadi, Porkab II Kabupaten Jayapura yang sesuai rencana akan dilaksanakan pada tahun depan itu hendaknya dilakukan dalam semangat PON XX Tahun 2021,” kata Mathius Awoitauw yang juga Bupati Jayapura dalam arahannya pada pembukaan kegiatan Bimtek tersebut.

Menurut Mathius, secara keseluruhan PON XX yang berlangsung di Papua dan terutama tanggungjawab sebagai Panitia Sub PB PON di Kabupaten Jayapura berlangsung dengan baik, sehingga keberhasilan itu dapat menjadi penyemangat KONI merencanakan pelaksaan Porkab II.

Sejarah mencatat, lanjut dikatakannya, bahwa Kabupaten Jayapura merupakan kabupaten induk dalam perjalanan keolahragaan di Tanah Papua ini, telah memberikan sumbangsih yang besar dengan menyediakan bakat-bakat alami, anak-anak mudanya masuk dalam kanca olahraga daerah maupun nasional.

Untuk itu, Bupati Jayapura dua periode itu mengatakan, dengan adanya Porkab II, maka sejarah tersebut dapat terulang kembali. Yang mana, lewat Porkab dapat melahirkan atlit-atlit muda potensial dari daerah ini, untuk dibina dan didik, kelak menjadi atlit berprestasi yang mampu mengharumkan nama Kabupaten Jayapura di kancah olahraga tingkat daerah, nasional bahkan sampai ke tingkah mancanegara.

“Saya berharap, agar ke depan kita lebih banyak menyiapkan anak-anak muda untuk menjadi atlit handal. Dengan demikian, proses regenerasi dalam dunia keolahragaan dapat diwujudkan,” ujar Mathius Awoitauw yang disambut tepuk tangan meriah oleh seluruh peserta yang nota bene adalah pengurus KONI Kabupaten Jayapura.

Pria yang beberapa bulan lalu dipercayakan menjabat sebagai Ketua Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura ini, juga menekankan betapa pentingnya sport sciene atau penerapan berbagai ilmu pengetahuan seperti ilmu kepelatihan, biomekanikan, motor control dan motor development, psikologi dan nutrisi mendapat perhatian dalam seluruh aktivitas keolahragaan di daerah ini termasuk pelaksanaan Porkab II nanti.

Dengan demikian, Porkab tidak saja fokus pada aspek pertandingan saja. Tetapi, juga memperhatikan aspek sport science agar ada keseimbangan dalam perekrutan, penjaringan demi mempersiapkan para atlit poltensial di setiap Cabang Olahraga (Cabor) yang ada dan terdaftar di KONI Kabupaten Jayapura.

Sementara itu di tempat yang sama, KONI Papua yang diwakili salah satu pengurusnya, Prof. Freddy Sokoy dalam sambutannya mengapresiasi kepada KONI Kabupaten Jayapura yang menggagas pelaksanaan Porkab II di tahun depan dalam semangat PON.

Menurut Sokoy, apa yang sedang digagas oleh KONI Kabupaten Jayapura adalah langkah bijak dalam menumbuhkan semangat PON untuk menjadi motivasi bagi daerah-daerah dalam menjaring calon-calon atlit guna dipersiapkan untuk bertanding pada PON XXI mendatang di Aceh dan Sumatera Utara.

Pria yang juga seorang akademisi itu kembali menuturkan, KONI Papua tentu akan memberikan dukungan kepada KONI Kabupaten Jayapura dalam menjalankan rencana pelaksanaan Porkab II Tahun 2022 mendatang.

“Kami berharap agar Porkab II Kabupaten Jayapura ini akan menjadi daya dorong bagi sejumlah kabupaten/kota di Papua, untuk menyelenggarakan Porkab sebagai ajang pencarian bibit-bibit atlit untuk setiap Cabor,” harapnya.

“Kami harap agar peserta yang mengikuti pembekalan dan bimbingan teknis itu dapat pengetahuan tambahan, guna menopang seluruh tugas dan fungsi sebagai pengurus KONI dalam menyongsong pelaksanaan Porkab II Kabupaten Jayapura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here