Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si

SENTANI, lpplrku.jayapurakab.go.id – Komunitas anak Papua yang dikenal dengan Kreativitas Anak Muda Papua di ibu kota Jakarta, selama ini telah menunjukkan kreativitas mereka dalam mengangkat budaya Papua dan juga berbagai bidang melalui potensi yang mereka miliki masing-masing.

Kali ini, Komunitas kreatif anak muda Papua di Jakarta bakal melaksanakan acara pagelaran seni dan kreasi Papua dengan maksud turut mempromosikan pelaksanaan Festival Danau Sentani (FDS) di Kabupaten Jayapura pada Oktober 2022 mendatang.

“Nanti tanggal 12 (Agustus) itu anak-anak Papua yang ada di Jakarta ini mereka mau sosialisasi tentang Festival Danau Sentani, sembilan tahun Kebangkitan Masyarakat Adat dan juga Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-VI di Hotel Sultan, Jakarta. Mereka juga sudah kumpul-kumpul dan ketemu dengan Gubernur DKI Jakarta, kemudian undangan ke duta-duta besar dan media-media di Jakarta, serta tokoh-tokoh nasional. Saya juga nanti hadir, karena saya akan beri sambutan,” ujar Mathius Awoitauw, S.E., M.Si dalam suatu kesempatan belum lama ini.

Bupati Mathius memberikan apresiasi kepada komunitasi kreatif anak Papua di Jakarta yang dengan peran mereka turut mengangkat nama Papua terutama mengangkat budaya dan jati diri orang Papua.

“Jadi mereka semua ini kreatif, maka itu kami beri apresiasi kepada mereka yang ingin promosikan tentang FDS, KMA dan Kongres AMAN,” imbuhnya.

Dikatakan Bupati Mathius, FDS yang ke-XII akan menjadi berbeda dibandingkan dengan event FDS sebelumnya, baik dari sisi waktu maupun materi seni budaya, yang akan ditampilkan, yang menurut rencana juga akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Jika awalnya FDS dilaksanakan setiap bulan Juli, namun pada FDS ke- XII Tahun 2022 itu pelaksanaannya akan disatukan dengan kegiatan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI di wilayah adat Tabi dan juga HUT Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA) ke-IX di Kabupaten Jayapura yang digelar pada bulan Oktober mendatang.

Sehingga nantinya bakal ada tiga (3) kegiatan besar yang berlangsung di Kabupaten Jayapura pada Oktober mendatang, di samping juga akan ada rangkaian peringatan syukuran 10 tahun kepemimpinan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw sebagai Bupati Jayapura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here