Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri

SENTANI, lpplrku.jayapurakab.go.id – Mewujudkan program pemerintah yakni, Bupati Jayapura telah memberikan kewenangan kepada Distrik dalam memainkan peran-peran pemerintahan di tingkat bawah khususnya di kampung, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang sudah menjadwalkan kegiatan kebersihan lingkungan mulai dari kampung dalam hal ini melalui RT/RW, kelurahan hingga distrik itu kembali melaksanakan kegiatannya tersebut.

Menjelang peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022, bertempat di Kampung Sereh Gerakan Kebersihan di gelar sesuai dengan jadwal dan sekaligus dijadikan momen peringatan Hari Peduli Sampah Nasional.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan yang juga akan berdampak positif pada kesehatan, sehingga Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura gencar melaksanakan kegiatan pembersihan bersama Pemerintah Kampung Sereh dan Pemerintah Distrik Sentani.

Kegiatan ini melibatkan masyarakat sekitar seperti pemuda dan perempuan dengan membersihkan selokan atau parit dan saluran air, di Kampung Sereh, Distrik Sentani.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri mengatakan kegiatan itu merupakan kegiatan bersih-bersih lingkungan yang digagas oleh Kepala Kampung Sereh bersama seluruh komponen masyarakat, yang dilakukan secara rutin, dengan tujuan untuk mewujudkan lingkungan agar tetap bersih dan asri.

“Jadi, itu merupakan bersih lingkungan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kampung Sereh. Dalam pelaksanaan itu, kepala kampung menggerakkan seluruh komponen masyarakat yang ada di kampung seperti RT/RW, para tokoh, pemuda dan perempuan melaksanakan gotong royong. Kegiatan pembersihan itu juga merupakan satu kegiatan rutin yang mereka laksanakan dalam mewujudkan lingkungan yang bersih,” kata Rahman Basri ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini, kemarin.

Selain itu, mantan Asisten I Setda Kabupaten Jayapura itu menambahkan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi gagasan dari Kepala Kampung Sereh dan bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung yang lain.

Rahman Basri juga menyampaikan, kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan sangat di harapkan terus tumbuh dan berkembang, sehingga untuk menciptakan lingkungan yang bersih khususnya di Kampung Sereh dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang menjadi harapan semua pihak.

“Peran serta dan partisipasi masyarakat ini perlu kita gemakan di semua kampung dan distrik agar dapat menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan asri,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kepala DMPK Kabupaten Jayapura tersebut.

Lanjutnya, dalam peringatan HPSN Tahun 2022, akan dilaksanakan Gerakan Kebersihan Lingkungan terhadap penanganan sampah bersama dengan seluruh komponen masyarakat di  Kabupaten Jayapura khususnya di Kota Sentani dan sekitarnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Sereh Steven Eluay menyambut baik kehadiran Dinas Lingkungan Hidup pada kegiatan pembersihan lingkungan di Kampung Sereh.

Menurutnya, kegiatan ini rutin dilaksanakan untuk terus menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya menjaga kebersihan, juga merupakan kesiapan Kampung Sereh menyambut event nasional yakni Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Tahun 2022.

Untuk diketahui, Apel Kesiapsiagaan HPSN Tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2022 akan dilaksanakan Senin, 21 Februari 2022 yang dipusatkan di Stadion Bas Youwe (SBY) Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Kemudian dilanjutkan dengan aksi kebersihan dengan grebek sampah di berbagai titik di Kota Sentani dan sekitarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here