Foto bersama 28 Finalis Putra Putri Pariwisata Yauw-Enggo Kabupaten Jayapura usai penetapan dewan juri.

SENTANI, lpplrku.jayapurakab.go.id – Sebanyak 28 finalis Pemilihan Putra Putri Pariwisata Yauw-Enggo Kabupaten Jayapura Tahun 2022 telah ditetapkan Panitia Pelaksana Pemilihan Putra-Putri Pariwisata Yauw-Enggo Kabupaten Jayapura.

Terdiri dari 14 putra dan 14 putri. Para finalis ini terpilih dari 54 pendaftar setelah melalui tahapan seleksi tertulis, wawancara dan catwalk, Sabtu 18 Juni 2022 malam sekitar pukul 22.00 WIT, di salah satu Ballroom Suni Garden Lake Hotel & Resort Sentani, Hawaii, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Jadi malam ini sudah dirubah bukan lagi 20 finalis. Tapi menjadi 28 finalis, yakni 14 Yauw (putra) dan 14 Enggo (putri). Sekali lagi saya mohon maaf dengan statement yang pernah saya keluarkan, bahwa 20 finalis yang akan kami umumkan. Namun melihat dari performance mereka seperti catwalk dan lain sebagainya itu ternyata semuanya bagus,” kata Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Putra-Putri Pariwisata Yauw-Enggo Kabupaten Jayapura Tahun 2022, Ny. Enauche Puraro Awoitauw ketika dikonfirmasi wartawan media online ini.

“Karena kami bingung untuk menentukan dan menilainya seperti apa, sehingga kami harus ambil keputusan untuk peserta yang masuk dalam karantina itu sebanyak 28 finalis, yakni 14 Yauw dan 14 Enggo. Ada 28 finalis yang akan bersaing di grand final yang akan kita gelar 25 Juni 2022 nanti,” sambung perempuan yang akrab disapa Uce ini.

Dikatakan Uce, seleksi yang di jalani para pendaftar Yauw-Enggo ini cukup berat. Mereka diwawancarai oleh tim juri tentang berbagai materi. Seleksi antara lain melibatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Jayapura juga melibatkan pihak lain seperti duta wisata maupun model dan para peserta menjalani seleksi wawancara oleh tiga orang juri yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

“Seleksi wawancara ini dilakukan tiga orang juri masing-masing kepariwisataan, bahasa Inggris, pengetahuan umum, kepribadian, publik speaking dan juga bakat,” terangnya.

“Setelah penetapan tersebut, mereka akan masuk dalam pre event (pra karantina) yakni, tur wisata. Besok (hari ini) para finalis akan libur, kemudian di tanggal 20-21 Juni mereka sudah masuk dalam tur wisata atau tahapan pra karantina dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di daerah ini,” tambah Uce yang merupakan istri dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jayapura Esau Awoitauw ini.

Mereka ini yang dari 14 finalis putra dan 14 finalis putri yang akan mengikuti tahapan selanjutnya seperti pre event atau pra karantina 20-21 Juni, menjalani karantina mulai 22-25 Juni di Suni Garden Lake Hotel & Resort Sentani hingga babak grand final 25 Juni 2022 malam.

Untuk itu, dirinya mengimbau para finalis untuk tetap menjaga kesehatannya ditengah padatnya kegiatan. Pada hari pertama pre event atau pra karantina terbuka yang dimulai tanggal 20-21 Juni mendatang, finalis akan diajak untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Kabupaten Jayapura seperti keliling Danau Sentani untuk melihat destinasi wisata yang ada di pinggiran Danau Sentani dengan menggunakan kapal.

“Selanjutnya, di hari kedua 21 Juni dengan menggunakan bis, mereka (28 finalis) ini akan pergi mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Kabupaten Jayapura,” imbuhnya.

“Untuk pra karantinanya itu, hari Senin 20 Juni dan Selasa 21 Juni 2022 para finalis akan dibawa tur wisata susur (keliling) Danau Sentani dari Dermaga Wisata Pantai Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Kemudian berkeliling melihat destinasi wisata yang ada di pesisir Danau Sentani. Terus keesokan harinya menggunakan bis untuk pergi mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Kabupaten Jayapura,” tambahnya.

Pada 22 Juni 2022, para finalis sudah melakukan check in ke Suni Garden Lake Hotel & Resort Sentani, Hawaii, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, untuk mengikuti tahapan karantina tertutup.

“Di tanggal 23 Juni, mereka sudah mengikuti materi-materi yang diberikan saat tahapan karantina berjalan selama dua hari. Jadi, tanggal 22 Juni sudah check-in di hotel Suni Garden. Kemudian, esok harinya mereka sudah menerima materi dari para pemateri selama dua hari dan di tanggal 25 Juni mereka sudah melakukan persiapan menuju malam grand final,” pungkas Owner dari Uce Salon and Bridal ini.

Berikut ini nama-nama finalis yang lolos ke babak grand final:
Yauw:

Palti Monim

Yesaya C. Daimoi

Josaphat E. Ohee

Jack M. Watilay

Jeremy CH Wally

Gustaf G. Wally

Erick E. Opur

Maurits Taime

Gabriel R. N. Monim

Greigoriano Griapon

Alcen Soumilena

Herman Awoitauw

Darius M. Marweri

Adolf B. N. Daimoye

Enggo:

Irma Ibo

Flamboyan Ohee

Frince C. Toam

Natalia A. L. Pattinama

Merlin Marweri

Gabriella H. Felle

Bella Wally

Edelet Videl Marweri

Dahlia  Felle

Agnes Nefron

Agnes Iwong

Helena Yaku

Djuniarth A. Monim

Anita S. Wambrauw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here