Tampak Kepala Kampung Yakonde, Yakub Daimoi sedang menggunting pita tanda dibukanya secara resmi Pertashop Medeosa Yakonde, Senin, 04 April 2022 sore.

SENTANI, lpplrku.jayapurakab.go.id – Beroperasinya Pertashop di Dusun Kanda, Kampung Yakonde, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura mampu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat akan Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas khususnya BBM jenis Pertamax dan Dexlite tanpa harus jauh ke distrik.

Selain memenuhi kebutuhan BBM bagi masyarakat, juga untuk memotivasi generasi muda orang asli Papua (OAP) untuk berwirausaha pada sektor riil. Sehingga CV. Medeosa hadir dengan membuka Pertashop Medeosa Yakonde.

Hal ini disampaikan, Oscar Valentino Koi Toam, Direktur Utama CV. Medeosa, saat kegiatan peresmian atau grand opening Gerai Pertashop Medeosa Yakonde, di Dusun Kanda, Kampung Yakonde, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, yang dihadiri secara langsung oleh Kepala Kampung Yakonde, Yakub Daimoi, Salles Brand Manajer I PT. Pertamina Persero Wilayah Papua, Andi Reza Ramadhan dan Kepala Bank BRI Cabang Sentani, Welem Tambing.

Hadirnya Pertashop ini diwujudkan melalui acara Grand Opening yang diselenggarakan, di lokasi berdirinya Pertashop, di Dusun Kanda, Kampung Yakonde, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Senin 4 April 2022.

Pertashop Medeosa ini hadir murni atas inisiatif dan tergeraknya hati dari seorang anak muda kreatif dan berjiwa sosial asli Kampung Yakonde yang kemudian menjadi Direktur Utama CV. Medoasa yaitu, Oscar Valentino Koi Toam.

Dalam sambutannya, Oscar Valentino Koi Toam mengatakan, usaha Pertashop ini merupakan aset Kampung Yakonde untuk memenuhi kebutuhan BBM di Kampung Yakonde dan sekitarnya. Serta, dapat melayani secara umum warga masyarakat di Kabupaten Jayapura, juga pengguna kendaraan bermotor atau untuk keperluan lainnya.

“Kami berharap usaha Pertashop ini menjadi motivasi bagi generasi muda Orang Asli Papua (OAP), untuk membuka lapangan pekerjaan pada sektor riil diberbagai bidang usaha. Sehingga dapat menyerap tenaga kerja, minimal warga kampung sekitarnya,” harap Oscar Valentino Koi Toam pada saat kegiatan Grand Opening tersebut.

Menurut Oscar, merintis usaha seperti ini tidak semulus dan tidak segampang membalikkan telapak tangan. Karena banyak tantangan dan butuh perjuangan, terutama dari sisi modal usaha. Namun kesemuanya itu hendaknya dijadikan sebagai motivasi tersendiri untuk bangkit dan bergerak maju untuk mewujudkan bahwa generasi muda Papua bisa.

Dijelaskannya, usaha Pertashop Medeosa Yakonde menyiapkan fasilitas rest area atau tempat istirahat bagi para pengendara kendaraan bermotor yang ingin istirahat sejenak melepas lelah dalam perjalanan jauh.

“Juga kami menyediakan toilet umum, tempat Sholat (musholla) bagi saudara-saudari yang Muslim, serta kedepannya akan mengembangkan minimarket untuk memenuhi kebutuhan makan minum bagi pengendara dan juga masyarakat luas,” tukasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Kampung Yakonde, Yakub Daimoi usai peresmian Pertashop mengajak untuk mengucap syukur kepada Tuhan, karena atas kasih dan kehendak-Nya sehingga boleh terlaksana salah satu kegiatan di kampung yakni peresmian atau grand opening Pertashop Medeosa.

Menurut Kepala Kampung, hadirnya Pertashop diwilayah Pemerintahan Kampung Yakonde merupakan suatu bentuk dari kebangkitan masyarakat kampung dalam rangkah menata dan mengembangkan perekonomian di segala sektor, termasuk sektor riil.

“Kami atas nama pemerintah kampung juga turut menyampaikan terima kasih kepada pihak PT. Pertamina Wilayah Papua tetapi juga Bank BRI Cabang Sentani yang telah memberi dukungan kepada masyarakat kami dalam membuka usaha sektor jasa yakni penyediaan BBM,” ucapnya

Sementara itu, Salles Brand Manajer I PT. Pertamina Persero Wilayah Papua, Andi Reza Ramahdan mengucapkan selamat kepada CV. Medeosa sehubungan dengan akan beroperasinya Pertashop. Di mana banyak sekali pengusaha yang berencana untuk mengajukan usaha Pertashop namun tidak semua dapat izin atau mendapat kemudahan.

Dirinya menyebutkan, PT. Pertamina Papua datangkan 10 moduler, namun salah satunya yang paling cepat operasi adalah CV. Medeosa. Luar biasa sekali, dalam waktu singkat sudah dapat melihat hasil kerja keras, hasil keinginan nyata untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan adanya Pertashop ini, besar harapan kami bapa dan ibu sudah tidak khawatir mendapat BBM. Di Pertashop ini akan hadir BBM dengan kualitas yang lebih bagus yaitu pertamax dan dexlite dengan harga yang sama dengan SPBU,” ungkapnya.

Senada dengan Salles Brand Manajer I PT. Pertamina Wilayah Papua, Pimpinan Bank BRI Cabang Sentani, Welem Tambing berharap hadirnya Pertashop Medeosa menjadi awal mula kerja sama yang baik antara pihaknya dengan CV. Medeosa tetapi juga dengan masyarakat dan Pemerintah Kampung Yakonde.

“Karena kami mempunyai produk perbankan yang cukup komplit yang sudah bisa digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Kalau tadi disinggung bahwa kredit usaha BRI juga ikut mendanai pembangunan ini, walaupun dalam jumlah yang terbatas tetapi inilah bentuk penyertaan modal yang bisa kami berikan,” pungkasnya.

Ia menerangkan, usaha Pertashop di mana-mana juga merupakan gerakan yang sementara ini dicanangkan oleh Menteri BUMN karena perbankan juga ada dalam kementerian tersebut.

Yang mana, Pertashop itu harus hadir di mana-mana sehingga pihaknya sebagai perbankan juga diminta untuk ikut mensuport masyarakt yang ingin juga menghadirkan Perstashop baik dalam kapasitas perorangan atau dalam kapasitas kelembagaan.

“Sekali lagi, selamat atas peresmian Pertashop ini semoga ini juga bisa membantu dan juga memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar bahkan lebih luas lagi,” tandas Kepala Bank BRI Cabang Sentani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here