Foto bersama Danlanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi dan Ketua FKUB Kabupaten Jayapura Pdt. Alberth Yoku beserta pengurus FKUB Kabupaten Jayapura.

SENTANI, lpplrku.jayapurakab.go.id – Dalam rangka meningkatkan hubungan silaturahim sekaligus memperkokoh kerukunan umat beragama, Komandan Lanud (Danlanud) Silas Papare, Marsma TNI Budhi Achmadi bersama jajarannya pada Selasa (25/1/2022) siang melakukan kunjungan silaturahmi kepada pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jayapura di Kediaman Ketua FKUB Kabupaten Jayapura, Pdt. Alberth Yoku, S.Th, M.Th, Jalan Ifar Gunung, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Silaturahmi yang bertempat di Kediaman Ketua FKUB Kabupaten Jayapura tersebut disambut baik oleh para pengurus FKUB maupun warga sekitar dengan menyampaikan kedatangan jajaran Lanud Silas Papare.

Marsma TNI Budhi Achmadi, di hadapan Ketua FKUB, selain bersilaturahmi, Danlanud melalui jajaran FKUB dan masyarakat mengharapkan para tokoh agama dan pendeta agar senantiasa membantu Pemerintah khususnya TNI-Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Supaya segala kegiatan dan aktivitas masyarakat dapat berjalan dengan aman dan lancar tanpa ada gangguan apapun.

“Jadi, pertemuan ini kita gagas dalam rangka kita memang ingin menunjukkan, bahwa kita dari TNI-Polri yang membutuhkan tokoh agama untuk menjaga Papua khususnya di Kabupaten Jayapura ini. Sehingga kita langsung turun ke bawah, untuk bertemu dengan bapa Pendeta Alberth Yoku dan kita tahu kapasitas beliau sebagai tokoh agama moderat yang memayungi semua agama dan golongan yang ada di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura,” ucap Marsma TNI Budhi Achmadi kepada wartawan media online ini.

Kata orang nomor satu di jajaran Lanud Silas Papare ini, dirinya sudah banyak berbicara dengan dan juga tahu visi misi dari Pendeta Alberth Yoku di Papua, serta kita bisa banyak berharap kepada beliau, untuk perdamaian dan kesejahteraan Papua ke depan.

“Kenapa saya hadiri di sini, karena saya tahu kapasitas beliau, jadi saya juga berharap agar masyarakat Papua terus mendukung dan mendoakan beliau termasuk kami yang dari TNI AU juga terus mendukung dan mensupport beliau. Karena kami tahu kapasitas beliau, maka itu di momen tahun baru ini agar beliau juga terus mendukung tugas-tugas dari TNI-Polri guna menjaga perdamaian Papua,” paparnya.

“Memang masukan dan saran itu sudah sering disampaikan ke kami, maka itu kami akan terus mengakomodir putra-putri Papua untuk bisa masuk ke TNI AU. Hal itu terjadi karena seringkali memang persoalannya telat mendaftar dan juga telat mendapat informasi. Ke depannya nanti kita akan banyak berkomunikasi dengan bapa Pendeta Alberth Yoku agar bisa mengakomodir putra-putri Papua menjadi anggota TNI AU,” pungkas Marsma TNI Budhi Achmadi.

Sementara itu, Ketua FKUB Kabupaten Jayapura, Pdt. Alberth Yoku sangat menyambut baik silaturahmi Lanud Silas Papare dalam hal ini Danlanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi beserta jajarannya yang langsung datang berkunjung kepada pengurus FKUB Kabupaten Jayapura.

“Saya pikir ini untuk pertama kalinya ada langkah yang dilakukan oleh (Danlanud) Marsekal Budhi Achmadi, yang berpikir untuk berdiskusi langsung dengan pengurus FKUB dan juga tokoh-tokoh agama di tempat mereka itu lebih rileks dan akomodatif. Kemudian juga dalam kunjungan silaturahmi ini langsung disaksikan oleh masyarakat setempat, sehingga ini merupakan terobosan yang baru dilakukan oleh Danlanud. Jadi, kerukunan umat beragama merupakan bentuk sosialisasi yang damai dan tercipta berkat adanya toleransi agama,” imbuhnya.

Lebih lanjut, setiap agama mempunyai aturan masing-masing dalam beribadah. Namun, perbedaan tersebut bukan alasan untuk menjadikan perpecahan. Sebagai satu saudara dalam tanah air yang sama. “Tentu kita harus menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia untuk bersama-sama membangun negara ini khususnya di Kabupaten Jayapura untuk menjadi yang lebih baik ke depannya,” tukas mantan Ketua Sinode GKI di Tanah Papua ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here