Ketua Harian KONI Kabupaten Jayapura, Korneles Yanuaring sedang mempersentasikan kesiapan menjelang pelaksanaan Porkab II.

SENTANI, lpplrku.jayapurakab.go.id – Untuk mensukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) II Kabupaten Jayapura Tahun 2022, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jayapura membutuhkan dana 5 miliar rupiah.

Hal ini menyeruak saat pelaksanaan Rapat Persiapan Penyelenggaraan PORKAB II Kabupaten Jayapura Tahun 2022, yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (25/1/2022).

Ketua Harian KONI Kabupaten Jayapura, Korneles Yanuaring menjelaskan, saat ini sudah tersedia dana hibah dari Pemerintah Daerah kepada KONI sebesar 5 miliar rupiah, tetapi setelah dikalkulasikan dengan semua kebutuhan Porkab II Kabupaten Jayapura Tahun 2022, maka sebenarnya jumlah tersebut masih kurang.

Lebih lanjut Korneles menjelaskan, dana hibah 5 miliar tersebut di bagi, 3 miliar itu merupakan dana rutin KONI Kabupaten Jayapura. Yang mana, dana 3 miliar itu dipakai untuk operasional, honorarium dan bantuan bagi Cabor-cabor di Kabupaten Jayapura selama setahun.

Artinya, jika 3 miliar dipakai sebagai dana rutin KONI. Maka yang tersisa adalah sebesar 2 miliar. 2 miliar tersebut yang kemudian akan dipakai membiayai pelaksanaan Porkab II. Namun sekali lagi bahwa dana 2 miliar itu tidak cukup untuk membiayai keseluruhan kebutuhan pelaksanaan Porkab II Kabupaten Jayapura Tahun 2022.

“Contohnya begini, kalau satu Panitia Pelaksana (Panpel) dari Cabor dia selenggarakan pertandingan habiskan uang 200 juta rupiah, kalau itu 16 Cabor dikali 16 Cabor itukan dapat 3,2 miliar rupiah. Belum lagi kontingen dari distrik, jika satu distrik 100 juta dikali 19 distrik, maka dapat 1,9 miliar. Jadi kalau dijumlahkan, maka idealnya Porkab II butuh dana di atas 5 miliar,” sebut mantan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura tersebut.

Menurut Korneles, perihal mengenai kebutuhan pembiayaan Porkab II yang disebutkan sudah disampaikan oleh pihaknya kepada pemerintah daerah. Selanjutnya, akan didiskusikan lagi ditingkat pemerintah daerah guna menghasilkan solusi.

Sedangkan untuk kesiapan lainnya, mantan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jayapura ini dengan nada mantap menyatakan, semua telah disediakan. Hanya di bagian pembiayaan yang perlu mendapat perhatian dari para pihak, terutama pemerintah daerah.

Untuk diketahui, pelaksanaan Porkab II Kabupaten Jayapura akan digelar pada Juni 2022 mendatang dengan mempertandingkan 20 cabang olahraga (Cabor).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here