Pembukaan Workshop Jurnalis dan Media Peparnas XVI Tahun 2021 Papua.

SENTANI, lpplrku.jayapurakab.go.id – Guna memantapkan peran jurnalis dan media dalam mendukung penyampaian informasi mengenai pelaksanaan event Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021 di Papua. Untuk itu, Panitia Besar (PB) Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua mengadakan Workshop Jurnalis dan Media untuk peliputan Event Peparnas XVI Tahun 2021 Papua.

Hadir untuk membuka workshop ini, Ketua Harian PB Peparnas XVI Papua Doren Wakerkwa melalui Sekretaris Umum PB Peparnas XVI Papua Rivo Manansang. Workshop ini juga menghadirkan narasumber dari Dewan Pers, NPC Pusat, Fotografer Kompas dan PWI Papua.

Dalam wawancaranya, Sekretaris Umum PB Peparnas XVI Papua Rivo Manansang yang mewakili Ketua Harian PB Peparnas XVI Papua Doren Wakerkwa menjelaskan, kegiatan workshop yang digelar pihaknya ini dengan tujuan untuk memberikan pembekalan kepada para jurnalis yang akan melakukan peliputan pada event olahraga terakbar para atlet disabilitas Indonesia itu.

“Jadi adanya satu sinergi dengan para jurnalis dan media yang ada dengan satu model dari cara menyampaikan berita mengolahnya menjadi satu asupan informasi yang berkualitas dan punya nilai yang adil serta berimbang di mata masyarakat,” kata Rivo Manansang usai membuka kegiatan workshop tersebut, Selasa (29/6/2021).

Untuk itu, Rivo berharap para awak media yang terlibat dalam kegiatan workshop itu bisa ikut memberikan dampak positif bagi kesuksesan ajang Peparnas XVI Tahun 2021 di Papua.

“Sebab itu, kualitas informasi sangat penting bahkan harus ditingkatkan. Ini penting agar ada arus informasi yang tepat. Kami percaya lewat workshop jurnalis dan media ini, peran jurnalis dan media bisa ikut mendukung kesuksesan event Peparnas XVI,” ujarnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Workshop, Timotius Matuan mengatakan, workshop yang berlangsung sejak tanggal 29 Juni sampai 1 Juli 2021 itu mendatangkan para pemateri dari Dewan Pers dan NPC Pusat serta wartawan senior yang sudah memiliki pengalaman dalam meliput hajatan Peparnas atau NPC.

“Dengan adanya workshop ini, diharapkan para jurnalis dapat menyajikan berita yang baik dalam peliputan Peparnas XVI. Tujuan dari pelaksanaan workshop ini untuk memantapkan serta meningkatkan kapasitas jurnalis dalam mengakses informasi dan komunikasi kepada masyarakat seluas – luasnya,” harap Timotius Matuan yang juga Sekretaris I PB Peparnas XVI Papua tersebut.

Usai pembukaan workshop tersebut, dilanjutkan dengan pengenalan para materi baik dari Dewan Pers dan Fotografer Kompas, serta di hari kedua pada Rabu (30/6/2021) dengan materi Peran Media dan Jurnalis yang termuat dalam UU Pers.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here