Tim SSB Orion ketika menerima piala dan hadiah.

SENTANI, lpplrku.jayapurakab.go.id – Lanjutan babak final turnamen Sepak Bola U-13 Nendali Cup Tahun 2022, Sekolah Sepak Bola (SSB) Orion keluar sebagai juara, Minggu 12 Juni 2022 sore.

Setelah menggelar turnamen Sepak Bola U-13 Nendali Cup 2022, selama 14 hari dari tanggal 29 Mei hingga 12 Juni 2022, bertempat di Lapangan Sepakbola Rukhou, Kampung Nendali, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Turnamen yang diikuti sebanyak 13 tim yang rata-rata usia pemainnya ini berumur kelahiran 2009/2010, dilanjutkan babak final hanya hanya ada dua tim yang bersaing untuk menjadi juara.

Selaku Owner SSB Putra Yeabhu Mathius Hartono Wally, menerangkan, turnamen sepak bola U-13 Nendali Cup 2022 ini diselenggarakan bertepatan dengan launching Sekolah Sepak Bola (SSB) Putra Yeabhu.

“Jadi, yang melatarbelakangi kami mengadakan turnamen sepak bola U-13 Nendali Cup ini adalah kami baru saja membentuk sekolah sepak bola (SSB) Putra Yeabhu. Banyak antusiasme dari anak-anak kami di usia dini yang ingin bermain sepak bola, dan kami melihat anak-anak di SSB yang lain juga begitu antusias bermain bola,” terang Mathius Wally.

“Namun turnamen sepak bola untuk usia dini itu belum terlalu banyak dilaksanakan. Sehingga kami memandang perlu untuk melakukan turnamen. Supaya ini menghadirkan pengalaman tanding yang baik untuk anak-anak usia dini atau para pemain SSB. Dengan demikian, kami harapkan kedepannya talenta-talenta muda ini bisa menjadi talenta Papua dan Indonesia untuk sepak bola,” tambah pria yang juga Ketua Umum Panitia Pelaksana Turnamen Sepak Bola U-13 Nendali Cup Tahun 2022 ini.

Dikatakannya, turnamen yang dilaksanakan sejak dibuka tanggal 29 Mei hingga 10 Juni 2022, dengan menghadirkan 13 tim SSB yang ada di Kabupaten/Kota Jayapura.

“Event yang dilakukan selama 14 hari, dan hari ini Minggu 12 Juni babak final itu menyajikan 44 pertandingan sejak babak penyisihan hingga final dengan torehan gol sebanyak 111 gol. Sedangkan, tim yang keluar sebagai juara adalah tim SSB Orion dan sebagai top skor adalah Yordan Sesa dari Tim SSB Cenderawasih,” kata Mathius Wally

“Kami pastikan, bahwa untuk turnamen sepak bola U-13 Nendali Cup ini tetap akan bergulir kembali untuk kedua kalinya di tahun 2023. Akan tetapi, kami akan juga melakukan evaluasi untuk bisa menghadirkan sesuai masukan dari tim-tim SSB yang lain di usia 10 tahun,” tambahnya.

Gol tercipta pada menit pertama di babak pertama selepas kick off oleh pemain SSB Orion, sehingga tim SSB Orion keluar sebagai juara pertama dengan mengalahkan tim SSB Cenderawasih.

Coach Tim SSB Papua United Priagung Dani Atmojo mengatakan, turnamen ini bisa menjadi batu loncatan bagi pemain-pemain SSB khususnya yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Jadi, turnamen ini jangan hanya untuk usia 13 tahun saja. Kalau bisa ada lagi yang usia-usia lain. Menyesuaikan dengan schedule turnamen-turnamen kemarin seperti Top Skor usia 14 dan usia 16 tahun. Mungkin bisa buat usia 10 tahun lagi, kemudian usia 10 tahun ke bawah lagi,” kata Coach Agung yang mewakili para pelatih SSB yang ikut dalam turnamen tersebut.

“Saya pikir hal itu yang luar biasa, dan ini mungkin menjadi pengalaman yang berarti buat panitia. Juga pengalaman untuk adik-adik yang ada di SSB-SSB,” ujar Coach Agung yang pernah membawa tim sepak bola putri Papua meraih medali emas di ajang PON XX lalu.

Daftar juara Turnamen Sepak Bola U-13 Nendali Cup Tahun 2022:

1. SSB Orion

2. SSB Cenderawasih

3. SSB Manuay Putra

4. SSB Papua United

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here